RANCANG BANGUN DAN ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) MENGGUNAKAN METODE HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA JARINGAN INTERNET DI PERUM PRASANTI 2

Firmanto, Okta (2018) RANCANG BANGUN DAN ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) MENGGUNAKAN METODE HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA JARINGAN INTERNET DI PERUM PRASANTI 2. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesi.

[img] Text
LEMBAR-PERSETUJUAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Skripsi)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

Ketidaksinambungan bandwidth di sebuah jaringan seringkali terjadi karna pada suatu jaringan tersebut belum memanfaatkan Quality of service secara optimal. Tanpa adanya manajement bandwidth pada sebuah jaringan mengakibatkan ketidaksinambungan bandwidth yang diterima client. Untuk mengantisipasi terjadinya ketidaksinambungan bandwidth maka dilakukan penerapan metode HTB (Hirarchical Token Bucket) pada manajemen bandwidth dengan menggunakan routerboard mikrotik dengan memperhatikan hasil Quality of Service yang baik dengan mempertimbangkan parameter-parameter diantaranya Delay, Throughput, Packetloss dan Jitter. Hasil dari perhitungan analisis QoS yang didapatkan setelah penerapan metode HTB pada nilai rata-rata delay pada packet 18,90 Mb sebesar 5,8 ms sedangkan pada sebelum penerapan HTB nilai yang didapatkan sebesar 17,7 ms, selanjutnya nilai rata-rata Throughput yang didapatkan sebesar 1922 kbps sedangkan hasil sebelum penerapan HTB sebesar 524 kbps, sedangkan untuk packetloss mendapatkan hasil yang sama yaitu 0%. dan untuk hasil jitter mendapatkan hasil sebesar 5,82 ms sedangkan hasil sebelum penerapan HTB sebesar 17,69 ms. Selanjutnya hasil pada packet 32,70 Mb untuk delay mendapatkan nilai rata-rata sebesar 6,7 ms sebelum penerapan metode HTB sebesar 13,9 ms untuk hasil dari Throughput mendapatkan nilai 1519kbps sebelum penerapan HTB sebesar 657 kbps, untuk hasil packetloss sama-sama mendapatkan nilai sebesar 0% tidak ada packet yang hilang, untuk hasil jitter sebesar 6,69 ms dan sebelum metode HTB sebesar 13,95 ms. Selanjutnya pada packet 43,01 Mb hasil rata-rata delay yang didapatkan sebesar 2,9 ms dan hasil sebelum penerapan HTB adalah 5,1 ms untuk hasil Throughput nilai yang didapatkan sebesar 2535 kbps dan hasil sebelum penerapan HTB sebesar 1657 kbps , untuk nilai packetloss sama-sama tidak terjadi packet yang hilang dengan hasil 0%, untuk hasil jitter sebesar 2,95 ms dan hasil sebelum penerapan metode HTB sebesar 5,06 ms.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Quality of Service, HTB , Management Bandwidth, Delay,Throughput,Packetloss,Jitter.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 27 Oct 2018 02:47
Last Modified: 12 May 2020 02:55
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item