IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA WISATA EDUKASI (STUDI KASUS: PENANGKARAN RUSA TAHURA WAR)

Supaza, Reza (2020) IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA WISATA EDUKASI (STUDI KASUS: PENANGKARAN RUSA TAHURA WAR). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16311297.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b116311297.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak16311297.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16311297.pdf - Bibliography

Download (259kB)

Abstract

Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam perkembangan media informasi adalah menggunakan Virtual Reality. Teknologi Virtual Reality banyak digunakan di berbagai bidang, salah satunya pariwisata. Salah satu obyek wisata alam di Lampung yang terletak di jalan Wan Abdurrahman Desa Sumber Agung Kecamatan Kemiling Kabupaten Pesawaran yaitu Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman (WAR). Penangkaran Rusa paling sering dikunjungi oleh anak – anak sekolah dasar yang berasal dari Bandar Lampung dan luar Bandar Lampung dengan tujuan untuk melaksanakan kunjungan wisata edukasi. Namun saat ini belum ada media untuk menyampaikan informasi terkait dengan flora dan fauna yang ada di penangkaran rusa sehingga pengetahuan yang di dapat dari lingkungan alam Penangkaran Rusa menjadi kurang maksimal. Metode penelitian yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle), sedangkan pengujian sistem menggunakan ISO 25010 dengan 3 (tiga) aspek yang diuji yaitu aspek Functional Suitability, aspek Operability, dan aspek Transferability. Keseluruhan hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 15 Responden menghasilkan nilai 94% atau kriteria sangat baik. Dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality yang diharapkan dapat memaksimalkan penyampaian informasi dan daya tarik pengunjung khususnya anak-anak di Penangkaran Rusa Tahura WAR secara virtual berupa obyek video panorama 360̊ sehingga menjadi alternatif media wisata yang edukatif dan menarik. Kata kunci : Virtual Reality, Media, Wisata, Penangkaran Rusa, TAHURA WAR

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Media, Wisata, Penangkaran Rusa, TAHURA WAR
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:42
Last Modified: 26 Nov 2021 02:42
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item