IMPLEMENTASI METODE JECKSON NETWORK QUEUE PADA PEMODELAN SISTEM ANTRIAN BOOKING PELAYANAN CAR WASH (Studi Kasus : Autoshine Car Wash Lampung)

Saputra, Redi Ari (2020) IMPLEMENTASI METODE JECKSON NETWORK QUEUE PADA PEMODELAN SISTEM ANTRIAN BOOKING PELAYANAN CAR WASH (Studi Kasus : Autoshine Car Wash Lampung). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Pendahuluan)
b116311285.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16311285.pdf - Bibliography

Download (137kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak16311285.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16311285.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Autoshine Car Wash Lampung salah satu perusahaan jasa yang memberikan layanan berupa pencucian mobil yang memiliki kualitas baik di Bandar Lampung dan beralamat di Jl. Rya Cudu Sukarame dengan memiliki 2 tempat pencucian serta dilengkapi fasilitas hidrolik. Prosedur pencucian dilakukan dengan cara konsumen datang ke tempat pencucian dan kemudian admin akan melakukan pecatatan nomor kendaraan, nama pemilik serta nomor telepon menggunakan buku. Pelanggan yang datang setiap harinya berkisar 15 mobil bahkan lebih banyak pada akhir pekan, sehingga jika semakin banyak pelanggan yang datang maka dapat mengakibatkan antrian yang mengharuskan pelanggan menunggu. Antrian juga timbul akibat ketidak seimbangan anatara permintaan pelayanan dengan kapasitas sistem yang memberikan layanan tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh pemilik perusahaan menghasilkan suatu permasalahan berupa terjadinya antrian yang mengakibatkan kerugian waktu dan tenaga, permasalahan tersebut mempengaruhi pendapatan perusahaan dan kualitas kinerja perusahaan ketika pelanggan enggan menunggu dan memilih tempat cuci mobil yang lain. Metode yang digunakanJeckson Network Queue dengan model single chanel-multi phase. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan ISO 25010 diperoleh hasil dari aspek usability sebesar 90% sehingga sistem mudah dugunakan, dari aspek fungsi diperoleh sebesar 96,5% bahwa sistem sesuai dengan fungsinya. Kata kunci : Jeckson Network Queue,Sistem Antrian, Booking, Pelayanan, Car Wash Lampung

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:31
Last Modified: 21 Apr 2021 02:31
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item