Fatoni, Rosihan Amin (2018) APLIKASI PEMBELAJARAN WUDHU DENGAN KONSEP GAMIFIKASI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hal ternpenting dan mendasar bagi anak-anak. Salah satu pendidikan yang paling penting ditanamkan pada anak adalah pendidikan agama Islam. Pembelajaran wudhu pada anak-anak saat ini umumnya dilakukan dengan cara menggunakan media buku, gambar poster atau dengan cara mencontohkannya secara langsung. Namun media tersebut dinilai masih memiliki kekurangan. Anak-anak cenderung cepat merasa bosan dan kurang tertarik dengan pola pembelajaran tersebut, karena kurangnya interaktifitas dari media pembelajaran yang ada. Selain itu pola belajar anak yang suka bermain juga sangat mempengaruhi. Kemajuan teknologi saat ini dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan membuat aplikasi pembelajaran wudhu dengan konsep gamifikasi berbasis android. Gamifikasi merupakan teknik pemanfaatan elemen game kedalam konteks non-game untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Metodologi pengembangan aplikasi pembelajaran wudhu ini menggunakan Lutther-sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept (pengonsepan), design (pembuatan desain), material collecting (pengumpulan material), assembly (pembuatan program), testing (pengujian) dan distribution (distribusi). Hasil pengujian aplikasi menggunakan ISO 9126 yang menggunakan empat aspek variabel yaitu functionality, usability, portability dan efficiency. Hasil pengujian aspek functionality dengan persentase 100%, berarti sangat baik,, usability oleh 30 orang responden diperoleh nilai persentase 85,6%, yang berarti sangat baik, portability aplikasi dapat berjalan pada tiga sistem operasi Android versi Lolipop, Marshmallow, Nouget dan efficiency dengan Testdroid menunjukkan penggunaan RAM maksimum sebesar 250 Mb atau minimal 1Gb memori RAM untuk menjalankan aplikasi agar dapat berjalan dengan optimal dan penggunaan CPU maksimum oleh aplikasi kurang dari 50%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Pembelajaran Wudhu, Gamifikasi, Android. |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI (D3) > REPOSITORI DATA BERBASIS WEB |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 04:42 |
Last Modified: | 11 May 2020 07:50 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/290 |
Actions (login required)
View Item |