SISTEM DASHBOARD SMART ENERGI PADA KOSAN DENGAN MENERAPKAN IoT (Internet of Things) BERBASIS ANDROIND

Saputra, Novyan (2018) SISTEM DASHBOARD SMART ENERGI PADA KOSAN DENGAN MENERAPKAN IoT (Internet of Things) BERBASIS ANDROIND. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

Internet of Things atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya.Tujuannya agar mempermudah pekerjaan manusia dengan cara mengendalikan barang-barang tersebut dari jarak jauh. Smart Home atau Smart Energi adalah aplikasi gabungan antara teknologi dan pelayanan yang dikhususkan pada lingkungan rumah dengan fungsi tertentu yang bertujuan meningkatkan keamanan, efisiensi dan kenyamanan penghuninya dan Smart Home juga merupakan sebuah aplikasi yang dirancang dengan berbantuan komputer yang akan memberikan kenyamanan, keamanan dan penghematan energi yang berlangsung secara otomatis sesuai dengan kendali pengguna dan terprogram melalui komputer pada gedung atau tempat tinggal kita. Teknologi yang dirancangan untuk rumah pintar ini bertujuan untuk memudahkan pemilik rumah kosan dalam memantau kondisi peralatan elektronik yang terhubung dari Smartphone yang dimiliki. Alat ini menggunakan microcontroler NodeMCU ESP8266 yang akan terhubung ke Cloud Firebase yang akan menggerakan sinyal digital dengan logic 1 ON dan 0 OFF ke Relay sebagai Saklar petutus arus listrik dan sensor suhu DHT11 juga dapat membatu dalam memonitoring suhu yang ada pada kamar tersebut. Dengan teknologi Internet of Things ini yang dapat membantu pengelola dan penghuni untuk mengontrol alat kelistrikan secara real time. Dan Hasil pengujian aspek usability 80,95% Valid, Fungsionality 90% dan Effeciency 70% valid.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Smart Energi, microcontroler NodeMCU ESP8266, Firebase, IoT. Smart Energi, microcontroler NodeMCU ESP8266, Firebase, IoT. Smart Energi, microcontroler NodeMCU ESP8266, Firebase, IoT. Smart Energi, microcontroler NodeMCU ESP8266, Firebase, IoT. Smart Energi, microcontroler NodeMCU ESP8266, Firebase, IoT.
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
Universitas Teknokrat Indonesia > Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Sastra Inggris > Aplikasi Berbasis Web

TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android

SISTEM INFORMASI (D3) > REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:13
Last Modified: 11 May 2020 07:35
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item