LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI PT INDOMARCO PRISMATAMA KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG

SAPUTRA, YOGI (2018) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI PT INDOMARCO PRISMATAMA KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG. Technical Report. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img] Text (Full laporan PKL)
16.laporan gabungan.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Pendahuluan)
10.bab 1.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
14.daftar pustaka.pdf - Bibliography

Download (67kB)
[img] Text (Abstrak)
9.ringkasan pelaksanaan pkl.pdf - Published Version

Download (57kB)

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau ketrampilan baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama beberapa bulan. Pada laporan PKL ini, disajikan beberapa kegiatan pelaksanaan kerja, temuan kendala atau masalah dan usulan solusi terhadap kendala atau masalah yang dihadapi di perusahaan PT Indomarco Prismatama Cabang Bandar Lampung selama 2 bulan yaitu pada tanggal 09 Juli 2018 sampai dengan 01 Juli 2018. Penempatan PKL pada perusahaan ini yaitu bidang administrasi VUM. Pelaksanaan kerja pada divisi VUM yang dilakukan secara rutin adalah menerima PJPP sebagai surat usulan kendaraan yang ingin diperbaiki oleh team bengkel, serah terima kendaraan masuk, membuat SPK (Surat Perintah Kerja) yang befungsi sebagai surat resmi untuk perbaikan kendaraan untuk mekanik, penginputan BKB (Bukti Keluar Barang) adalah guna untuk penjurnalan kedalam program bengkel untuk mengurangi stock pada LPP (Laporan Pemakaian dan Persediaan), penutupan SPK adalah sebagai bukti bahwa kendaraan yang diperbaiki sudah selesai dan SPK dapat terkunci agar tidak terjadi fraud (penyelewengan) atau pembebanan tidak sesuai dengan peruntukannya, serah terima kendaran keluar bengkel, merekap laporan harian kendaraan, pembuatan laporan produktivitas mekanik, melakukan perhitungan stock fisik dengan perbandingan LPP yang ada diprogram, dan membuat analisa jumlah kendaraan yang masuk berdasarkan jenis kerusakan masing-masing kendaraan. Pada pelaksanaan PKL tersebut, penulis menemukan kendala pada sistem komputer lambat merespon data yang diproses untuk pembuatan SPK, akibatnya penulis mengalami ketidakefektifan dalam bekerja, merasa ragu-ragu dalam penginputan dan hasil yang didapat tidak sesuai dengan PJPP yang diajukan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menyarankan kepada PT Indomarco Prismatama Cabang Lampung untuk lebih memperhatikan alat-alat kantor yang sudah tidak layak untuk dipergunakan.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKL
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 06 Mar 2021 06:37
Last Modified: 06 Mar 2021 07:24
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item