LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO BANDAR LAMPUNG

Herwanto, Bobby (2018) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO BANDAR LAMPUNG. Technical Report. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img] Text (Abstak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (145kB)
[img] Text (Full Laporan PKL)
LAPORAN PKL BOBBY HERWANTO.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau ketrampilan baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama beberapa bulan. Pada laporan PKL ini, disajikan beberapa kegiatan pelaksanaan kerja, temuan kendala atau masalah dan usulan solusi terhadap kendala atau masalah yang dihadapi di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Bandar Lampung. Alasan penulis memilih Rumah Sakit Urip Sumoharjo sebagai tempat melaksanakan PKL yaitu karena Rumah Sakit Urip Sumoharjo adalah sebuah Rumah Sakit yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap semua bidang dan jenis penyakit. Oleh karena itu, RSUS Bandar lampung dituntut dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal bagi pasiennya, itu sebabnya dimana teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting. Penulis ditempatkan PKL selama 2 bulan yaitu pada bulan April 2017 sampai dengan bulan Juni 2017, pada perusahaan ini dibagian Penjaminan Pasien Asuransi dan Verifikasi. Pelaksanaan kerja pada Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung bertugas untuk melakukan pelaporan pasien masuk dan pulang, permintaan jaminan awal dan akhir, permintaan tindakan medis kepada pihak penjamin, pembuatan jaminan dan penginputan tindakan Asuransi In-Health, untuk memastikan biaya perawatan pasien tersebut baik rawat inap maupun rawat jalan dapat dicover oleh pihak asuransi penjamin, serta melakukan verifikasi terhadap tindakan medis apa saja yang dilakukan selama pasien menjalankan perawatan diruangan, guna proses claim ke pihak asuransi penjamin. Prosedur penanganan kendala pada bagian penjaminan dapat ditingkatkan dengan solusi menggunakan Aplikasi berbasis web atau mobile yang memiliki kemampuan mengakses informasi medis serta pengisian lembar medis awal atau lembar informasi medis lanjutan yang ditulis oleh dokter dapat diisi dengan mudah dan cepat, sehingga jaminan pasien dapat diterima dengan cepat. Proses Verifikasi dapat di tingkatkan dengan cara melakukan update pada sistem berjalan (SIMRS), yaitu menambahkan menu serta tabel baru pada database server yang dapat menyimpan seluruh hasil penunjang maupun tindakan medis yang dapat dicetak kapanpun untuk mempermudah proses verifikasi, jadi ketika ada berkas claim yang tidak dapat ditagihkan dikarenakan tidak adanya hasil penunjang yang disyaratkan oleh pihak penjamin guna proses claim. Sehingga seluruh tindakan medis yang dilakukan ke pasien dapat tersusun dan tersimpan dengan baik di database sistem.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKL
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:25
Last Modified: 26 Feb 2021 04:25
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item