PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN SERVICE BERBASIS WEB(Studi Kasus : PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG) Web Based Sevice Information system design Service (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung)

HERMAN, AKHMAD QADAFI AZIZ (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN SERVICE BERBASIS WEB(Studi Kasus : PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG) Web Based Sevice Information system design Service (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

PDAM Way Rilau Bandar Lampung merupakan perusahaan air minum negara yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan air bersih dalam suatu daerah. PDAM bertugas untuk mengelola air, proses kerja dimulai dari pengambilan air baku hingga menyalurkan air bersih ke masyarakat. PDAM Way Rilau dalam pelayanan service pelanggan harus datang langsung untuk melakukan proses pelaporan kerusakan, dan pemasangan untuk melakukan registrasi, dalam proses registrasi masih dilakukan secara manual yaitu dicatat kedalam formulir dan direkap kedalam buku registrasi. Berdasarkan pengelolaan yang dilakukan terdapat kendala yaitu lama dalam proses registrasi, tidak adanya laporan yang dilakukan dikarnakan masih dilihat berdasarkan buku, dan lama dalam proses pencarian data. Membuang waktu pelanggan dalam melakukan pelaporan kerusakan dan pemasangan dikarenakan harus datang ke PDAM. Serta kurangnya pelayanan membuat pelanggan melakukan pelaporan mengenai kerusakan dan pemasangan cukup banyak, angka pengaduan pelayanan beserta informasi yang PDAM dalam 1 minggu dapat mencapai ± 30 pelaporan. Hal ini akan berdampak pada pelayanan yang kurang cepat pada ketidakpuasan pelanggan dikarenakan pelayanan terlalu lama. Solusi dari kendala di atas akan dibuat aplikasi layanan service secara online untuk mendata dan mengelola informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sistem yang akan dibangun akan menyampaikan informasi pelayanan dan kerusakan, yang dapat dikelola kapan saja maupun dimana saja dengan menginformasikan seputar pemasangan serta menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh PDAM Way Rilau. Sistem Informasi Layanan Service pada PDAM mempermudah pihak PDAM dalam mencari data-data pelanggan, pemasangan dan kerusakan/keluhan serta dalam pembuatan laporan lebih cepat dibandingkan dengan sistem yang lama yaitu secara konvensional/mencatat di buku besar. Sistem pelayan ini juga mempermudah pelanggan dalam melakukan registrasi, pemasangan air, dan keluhan sehingga menghemat waktu serta biaya pelanggan, serta meningkatkan pelayanan dan kepuasan lebih dari pelanggan untuk PDAM Way Rilau.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Layanan service, Online, Pelaporan Kerusakan
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 02 May 2020 03:53
Last Modified: 02 May 2020 03:53
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item