GAME EDUKASI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 6 BANDARLAMPUNG BERBASIS ANDROID “Game of Education on Human Digestive System as Learning Biology Class XI in SMAN 6 Bandarlampung Based Android”

Putra, Mukhlis Pradana (2019) GAME EDUKASI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 6 BANDARLAMPUNG BERBASIS ANDROID “Game of Education on Human Digestive System as Learning Biology Class XI in SMAN 6 Bandarlampung Based Android”. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
12. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

Di era milenial masyarakat kini beramai-ramai menggunakan berbagai jenis smartphone khususnya android. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh smartphone adalah sebagai media pembelajaran. Banyak masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa yang menggunakan smartphone sebagai sarana pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, selama ini media yang digunakan untuk pembelajaran hanya menggunakan buku-buku yang dipinjam di perpustakaan, lembar kerja siswa (LKS) dan LCD viewer projector untuk menampilkan powerpoint yang hanya berupa tulisan. Oleh karena itu pembelajaran yang hanya mengandalkan buku berupa tulisan dinilai kurang efektif karena kurang menarik minat siswa sehingga motivasi belajar peserta didik kurang aktif dan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa/i SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode multimedia development life cycle yang terdiri 6 tahapan, yaitu concept, design, martial collecting, assembly, testing dan distribution. Hasil penelitian ini menghasilkan game edukasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 2,05. Tingkat kualitas perangkat lunak berdasarkan kuisoner dengan 4 aspek yang terdapat pada ISO 9126 yaitu functionality, usability, efficiency, portability, perangkat lunak game edukasi sistem pencernaan pada manusia secara keseluruhan dalam kriteria “Sangat Baik”, dengan persentase 84%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, sistem pencernaan, smartphone
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android

SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID

SISTEM INFORMASI (D3) > REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:21
Last Modified: 29 Apr 2020 04:09
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item