PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI USAHA PEMASARAN KERIPIK OLAHAN KHAS LAMPUNG (STUDI KASUS: UKM KERIPIK ALINDA)

Saputra, Wahid (2018) PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI USAHA PEMASARAN KERIPIK OLAHAN KHAS LAMPUNG (STUDI KASUS: UKM KERIPIK ALINDA). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
11.abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
12. bab 1.pdf

Download (73kB)
[img] Text
19. lampiran.pdf

Download (10kB)

Abstract

Belum adanya sistem pemasaran yang dapat menjangkau pelanggan secara luas menyebabkan sulitnya dalam pemasaran produk pada UK Keripik Alinda. Sistem penjualan yang dilakukan saat ini yaitu pembeli yang ingin melakukan pembelian harus mendatangi langsung ke alamat perusahaan tersebut, sehingga masih banyak pelanggan yang berada jauh di luar daerah enggan untuk datang langsung. Berdasarkan data yang diperoleh dari UKM Keripik Alinda, penjualan keripik dari beberapa bulan terakhir mengalami penurunan karena berkurangnya jumlah pelanggan yang berkunjung untuk membeli produk dari UKM Keripik Alinda. Oleh karena itu, pihak manajemen harus mencari peluang untuk meningkatkan penjualan dan untuk mengantisipasi menurunnya volume penjualan pada UKM Keripik Alinda. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mulai memanfaatkan perangkat teknologi informasi dalam bidang penjualan dan pemasaran yaitu e-commerce. Dengan memanfaatkan e-commerce peluang pangsa pasar penjualan tidak lagi hanya fokus kepada masyarakat atau konsumen di lokasi tertentu saja, tetapi dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, tidak lagi ada batasan geografis antar daerah satu dengan daerah lainnya. Selain itu, produk-produk perusahaan dapat dengan mudah dikenalkan kepada semua orang yang ada di dunia ini dengan catatan tentunya harus memiliki kemampuan akses internet. Adapun sistem yang dapat dibangun yaitu sistem penjualan dengan memanfaatkan ecommerce untuk memudahkan penjualan dan pemasaran produk perusahaan. Sistem ini dibangun dengan menerapkan pendekatan waterfall yang kemudian dilakukan evaluasi terhadap sistem tersebut menggunakan pendekatan ISO 25010. Pada penelitian ini pengujian dilakukan dengan menggunakan 4 karakteristik ISO 25010 yaitu functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan reliability dan diperoleh hasil yang sangat baik sehingga website penjualan UKM Keripik Alinda ini layak untuk digunakan. Setelah dilakukan pengujian, sistem penjualan ini diterapkan pada UKM Keripik Alinda untuk menunjang perusahaan agar lebih mudah dalam melakukan traksaksi penjualan dan pelanggan lebih mudah dalam melakukan transaksi pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UKM Keripik Alinda, E-Commerce, ISO 25010, Waterfall.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > INFORMASI JEJARING PEMASARAN
SISTEM INFORMASI (D3) > ANALISIS APLIKASI E-MARKETING
TEKNIK KOMPUTER (S1) > Pengolahan Sinyal Digital
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 22 Apr 2020 04:34
Last Modified: 29 Apr 2020 02:26
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item