EVALUASI MATURITY LEVEL PADA SISTEM DATA POKOK PENDIDIK (DAPODIK) UNTUK PAUD PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Evaluasi Maturity Level In The Principal Data System Of Educators For PAUD At Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Tengah (Study case of Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah)

Pertiwi, Tya Ayu (2019) EVALUASI MATURITY LEVEL PADA SISTEM DATA POKOK PENDIDIK (DAPODIK) UNTUK PAUD PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Evaluasi Maturity Level In The Principal Data System Of Educators For PAUD At Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Tengah (Study case of Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Thesis)
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Thesis)
BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text (Thesis)
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah merupakan dinas pemerintahan yang terdapat pada Komplek Perkantoran Pemkab Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah yang bertugas dalam dunia pendidikan yang ada pada Kabupaten Lampung Tengah, sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dapat membantu pemerintah dalam keakuratan data-data pendidikan di seluruh Indonesia menjadi lebih baik. Dapodik mengelola 4 jenis data (Tiga Entitas Pendidikan dan Substansi Pendidikan) yaitu PTK (Pendidikan dan Tenaga Kependidikan), Satuan Pendidikan, Peserta Didik dan Substansi Pendidikan. Sebagai suatu sistem yang sudah diimpelementasikan evaluasi sistem perlu dilakukan. Evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan implementasi suatu sistem informasi. Dengan adanya hasil evaluasi ini, diperoleh faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan sistem serta mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dari implementasi sistem tersebut. Kepuasan pengguna dan dampak individu merupakan hasil dari bentuk evaluasi terhadap sistem informasi. Dampak individu merupakan efek dari informasi terhadap perilaku pemakai. Dampak atau impact berhubungan erat dengan kinerja, yaitu meningkatkan kinerja individual pemakai sistem. Untuk mencapai tujuan dan memferikan nilai tata kelola dan menejemen perusahaan TI yang efektif diperlukan standarisasi tata kelola dengan menggunakan COBIT 5 (Control Objectives for Information and Related Technology) diamana terdapat 5 domain yaitu, EDM (Evaluation Direction and Monitoring), APO (Align, Plan and Organise), BAI (Build, Acquire and Implement), MEA (Monitoring, Evaluate and Asses). Hasil nilai rata-rata untuk setiap domain adalah 4 dari rentan nilai 0 sampai 5. dengan perhitungan Maturity Level pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah berada pada level 4 (managed and measurable) yang artinya sistem sudah mencapai target yang diharapkan Artinya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah telah menetapkan tata kelola teknologi informasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Audit, Tata Kelola, COBIT 5, Maturity Level
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > SISTEM PENGOLAHAN DATA
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 28 Feb 2020 04:11
Last Modified: 28 Apr 2020 05:46
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item