PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING DALAM GAME EDUKASI TABEL PERIODIK UNSUR-UNSUR KIMIA Assembling of Accelerated Learning Method in the Game Education Table of Chemical Elements

Ratnasari, Erlita (2019) PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING DALAM GAME EDUKASI TABEL PERIODIK UNSUR-UNSUR KIMIA Assembling of Accelerated Learning Method in the Game Education Table of Chemical Elements. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Thesis)
11.ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text (Thesis)
12.BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Thesis)
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Kimia merupakan pelajaran wajib bagi siswa SMA yang sulit dipelajari. Pokok bahasan pembelajaran kimia salah satunya adalah sistem periodik unsur. karena pada sistem periodik unsur terdapat konsep-konsep yang memerlukan pemahaman dan hafalan yang cukup dari siswa dan untuk meningkatkan minat belajar siswa yang gemar bermain supaya pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat dipahami adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Accelerated Learning yang diterapkan dalam game edukasi, metode pembelajaran Accelerated Learning merupakan suatu metode yang mempercepat pemahaman siswa tentang suatu konsep dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan game dengan menerapkan metode Accelerated Learning, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi unsur-unsur periodik kimia yang ada di tabel periodik unsur. Penelitian ini menggunakan metode multimedia development life cycle (MDLC) Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu studi literatur, wawancara, observasi,kuesioner, dan untuk tool yang dipakai yakni unity yang dijalankan pada sistem operasi android. Metode pengujian menggunakan ISO 9126 dengan 4 aspek yakni usability, fungsionality, portability, efficiency, dan juga pengujian paired sample t-test. Hasil pengujian aplikasi game edukasi unsur periodik kimia menggunakan ISO 9126 yaitu aspek usability nilai keseluruhannya sebesar 89% yang berarti sangat layak.Untuk aspek fungsionality menunjukkan aplikasi dapat melakukan 100% fungsinya dengan benar. Dan aspek portability dapat diinstall pada beberapa device dengan sistem operasi android versi kitkat, marshmallow, dan nougat. Serta aspek effeciency dengan testdroid menunjukkan tidak mengalami kekurangan memory yang menyebabkan terjadinya aplikasi berhenti dengan, penggunaan CPU maksimum 37% pada saat awal menjalankan aplikasi, dan rata-rata CPU diangka 9%. Pengujian paired sample t-tes menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengalami peningkatan yaitu (pretest) 19,60 dan (posttest) 54,53.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning, Unsur Periodik Kimia,Unity, MDLC, ISO 9126, Paired sample t-test
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:35
Last Modified: 28 Apr 2020 05:01
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item