PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INTERNET ADVERTISING MENGGUNAKAN CRM (Studi Kasus Newspaper Lampung) Design Of Internet Advertising Management Information System Using CRM (Case Study : Newspaper Lampung)

Frantitus, Nelson (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INTERNET ADVERTISING MENGGUNAKAN CRM (Studi Kasus Newspaper Lampung) Design Of Internet Advertising Management Information System Using CRM (Case Study : Newspaper Lampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Thesis)
13. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text (Thesis)
14. BAB I.pdf

Download (17kB)
[img] Text (Thesis)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Newspaper Lampung merupakan perusahaan penyedia jasa pengiklanan, hal ini yang menjadi kekurangan perusahaan karena masih banyak masyarakat maupun badan usaha yang belum mengetahui informasi pemasangan iklan. Belum adanya sistem yang mempermudah komunikasi untuk menanyakan seputaran pemasangan iklan kepada admin perusahaan seperti penggunaan fitur chatting, sehingga perusahaan perlu memiliki strategi marketing berupa promosi serta belum tersedianya fitur-fitur pelayanan yang diberikan seperti pendaftaran iklan langsung kepada bagian pengiklanan Newspaper Lampung, sebab proses pengiklanan pelanggan harus datang kekantor untuk melakukan pendaftaran iklan. Menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) dan termasuk metode untuk mempertahankan pelanggan. Dengan adanya CRM dapat terjalin relasi yang lebih kuat di antara perusahaan dan pelanggan dirancangan dengan menggunakan UML (Unifield Modelling Language), Usecase Diagram, Activity Diagram, bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), MySQL sebagai database, menggunakan framework CodeIgniter serta menggunakan web serta prototype sebagai metode pengembang sistem. Penerapan Customer Relationship Management dilakukan sebagai bentuk layanan untuk mempertahankan pelanggan yaitu memberikan fitur poin, poin diberikan ketika seorang pelanggan melakukan satu kali transaksi yaitu sebesar 5 poin, poin tersebut akan terus bertambah seiring dengan jumlah transaksi yang dilakukannya, maka jumlah poin yang telah terkumpul dapat di tukarkan dengan berbagai macam hadiah seperti, baju, sepatu, tas dan sovenir Newspaper lainnya. Layanan berikutnya berupa notifikasi promo dan banus terhadap pelanggan yang melakukan ulang tahun dan bertepatan pada hari besar nasional serta mengingatkan berapa lama pelanggan telah melakukan transaksi. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan metode kuisioner didapat hasil sebesar 86,11% dari pengujian fungsionality dan dari usability sebesar 91,42% sehingga hasil pengujian aplikasi sangat layak diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Manajemen, Internet Advertising, CRM
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > INTERNET / WIFI
SISTEM INFORMASI (S1) > INTERNET / WIFI

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 29 Jan 2020 05:53
Last Modified: 28 Apr 2020 03:59
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item