SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : CV PRIMA JAYA BAJA) web-based sales management information system (Case Study: CV Prima Jaya Baja)

Guna, Yunizar Jodi (2019) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : CV PRIMA JAYA BAJA) web-based sales management information system (Case Study: CV Prima Jaya Baja). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Thesis)
10. ABSTRAK-1.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Thesis)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Thesis)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

CV Prima Jaya Baja adalah salah satu usaha yang berkembang dalam bidang penjualan serta jasa pemasangan baja ringan yang beralamatkan dijalan Lintas Timur, Unit 2, Tulang Bawang, Tunggal Warga, Banjar Agung. Saat ini CV Prima Jaya Baja memiliki persediaan barang yang cukup banyak. Dalam Pengenalan produk atau informasi pemasaran untuk meningkatkan omzet pendapatan, CV Prima Jaya Baja melakukan pengenalan produk secara konvensional (one to one releationship) untuk melihat produk yang diinginkan oleh pelanggan datang langsung ke CV Prima Jaya Baja. Sedangkan untuk pencatatan pengolahan data penjualan masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel seperti laporan penjualan dan data pelanggan, penjualan serta jasa pemasangan baja ringan pada CV Prima Jaya Baja sudah dilakukan sampai ke luar daerah Unit 2 Tulang Bawang. Kendala yang sering dihadapi dalam proses informasi pemasaran yaitu penjualan hanya mencakup areal yang terbatas, sehingga menimbulkan masalah mengenai penyampaian informasi persediaan barang kepada pelanggan yang mengakibatkan lambatnya kemajuan roda bisnis penjualan toko tersebut. Perusahaan ini juga mengalami kesulitan dalam mengetahui penjualan barang apa saja yang sering dibeli oleh pelanggan, serta dalam pengecekan persediaan barang yang tersedia akan membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan pengaksesan data yang hanya dapat dilakukan di satu tempat saja. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini akan membangun sebuah website yang dapat dimanfaatkan sebagai media penjualan termasuk laporan- laporan yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan dalam manajemen perusahaan. Serta dengan adanya sistem informasi ini, dapat juga membantu pimpinan dalam mengetahui perkembangan penjualan dan persediaan barang secara online. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam membangun Sistem Informasi Manajemen Penjualan berbasis web adalah metode waterfall. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observation), wawancara (interview) dan dokumentasi. Alat yang dipakai untuk memodelkan sistem adalah Flowchart Document (Bagan Alir Dokumen), dan Unified Modeling Language (UML). Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk perancangan dan implementasi program aplikasi web menggunakan appserv sebagai webserver, MySQL sebagai database dan Macromedia Dreamweaver 8 sebagai editor penulisan code PHP dan HTML.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Penjualan, Web.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan > Program Berbasis Web
MANAJEMEN > Sistem Informasi Manajemen
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (D3) > SISTEM PENJUALAN
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 29 Jan 2020 05:40
Last Modified: 28 Apr 2020 03:58
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item