PENERAPAN ALGORITMA A*(A-STAR) PADA PERMAINAN SPY HUNTER

Firmansyah, Muhammad (2016) PENERAPAN ALGORITMA A*(A-STAR) PADA PERMAINAN SPY HUNTER. Other thesis, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer.

[img] Text (Skripsi Full)
M.Firmansyah_11312111_Full.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (98kB)

Abstract

Game merupakan jenis hiburan yang disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak sampai dewasa, Selain itu game digunakan untuk menghilangkan kejenuhan dalam beraktivitas. Salah satunya Game bergenre FPS dipilih karena game bergenre ini sangat diminati pada saat ini, sebagian contoh game fps yang diminati sampai saat ini adalah point blank dan dead trigger. Di dalam game yang ada saat ini, game hanya sebatas hiburan semata jarang sekali di dalam game tersebut menerapkan algoritma dalam penyelesaiannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah membandingkan algoritma A* dengan NavMesh untuk mengetahui kecepatan waktu yang di butuhkan dalam perncarian titik tujuan (Target). Pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan software unity, karena unity adalah alat yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur dan simulasi. Kesatuan tidak hanya mesin permainan, tetapi juga sebagai editor. Algoritma A* merupakan perbaikan dari metode BFS (Breadth First Search) dengan memodifikasi fungsi heuristiknya. NavMesh struktur data yang menggambarkan permukaan yang dapat dilalui karakter dari permainan dan memungkinkan untuk menemukan jalan dari suatu lokasi ke lokasi yang dituju. Uji coba aplikasi ini dilakukan menggunakan kecepatan waktu rata – rata yang di ukur berdasarkan tingkatan. Dimana tingkatan tersebut menggunakan halangan dan tidak menggunkana halangan serta di ukur berdasarkan node yang ada pada map permaianan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut NavMesh lebih cepat dibandingkan algoritma A* pada game spy hunter dalam pengujiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game, Unity, Astar, NavMesh, Fps
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA > Algoritma
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Mar 2019 10:37
Last Modified: 07 Jul 2020 09:49
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item